UNIVERSITAS SAHID JAKARTA

Universitas Sahid Jakarta berstatus swasta terletak di :
Kampus I (Pusat) : Jln. Prof. Dr. Soepomo, SH No. 84 Tebet Jakarta Selatan 12870
Telp : (021) 8312813-15, (021) 83785303, (021) 83700510
Fax  : (021) 8354763
Website : www.usahid.ac.id
Email : humas@usahid.ac.id

Kampus II (Sekolah Pascasarjana Universitas Sahid Jakarta) : 
Sahid Sudirman Residence lantai 5
Jl. Jenderal Sudirman 86 Jakarta Pusat 10220
Telp : (021) 29022724, (021) 29022721 ext 107
Fax : (021) 29022744
Website : www.usahid.ac.id
Email : pmbs2@usahid.ac.id

Rektor : Prof. Dr. Hj. Sutyastie Soemitro Remi, SE.MS.

Universitas Sahid didirikan oleh pendiri Yayasan Kesejahteraan, Pendidikan dan Sosial Sahid Jaya, Prof.Dr.H. Sukamdani Sahid Gitosardjono pada 14 Maret 1988 sebagai sumbangsihnya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai dengan amanat Pembukaan Undang Undang Dasar 1945. Pada Dies Natalis yang ke-23, Usahid Jakarta memperkokoh diri dengan upaya implementasi Sistem Penjaminan Mutu melalui perolehan Sertifikat ISO 9001 versi terbaru 2008 dan Sertifikat IWA 2 versi terbaru pula yaitu 2007. Keberhasilan Usahid memperoleh kedua sertifikat tersebut merupakan perwujudan dari :

VISI
Membangun Universitas Sahid menjadi lembaga pendidikan tinggi dan pusat pengembangan sains, teknologi dan seni yang unggul dan terdepan bercirikan kewirausahaan dan kepariwisataan, yang berbudaya dan religius, berwawasan kebangsaan dan bertaraf internasional.

MISI

  1. Menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, bercirikan kewirausahaan dan kepariwisataan, dalam menghasilkan sumberdaya manusia yang professional, unggul, berbudaya dan religius, serta berbudi luhur dan berwatak mulia.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan akademik yang berbudaya dan religius.
  3. Menjadikan Universitas terkemuka yang dikelola secara profesional dan memiliki struktur finansial yang mantap untuk mendukung perkembangan yang berkesinambungan
  4. Menjadikan Universitas sebagai lembaga pendidikan tinggi yang siap menghadapi tuntutan masyarakat dan tantangan pembangunan yang senantiasa berkembang, baik secara nasional maupun global.
  5. Menjadikan Universitas sebagai kekuatan moral dalam proses pembangunan masyarakat yang maju, mandiri dan berkeadilan.
  6. Menjadikan Universitas sebagai pusat pengetahuan kreatif bagi masyarakat wirausaha dan masyarakat pariwisata.
  7. Menjadikan Universitas sebagai lembaga yang terdepan dalam pengembangan kewirausahaan dan kepariwisataan
  8. Menumbuhkembangkan insan wirausaha yang berbudi luhur dan berwatak mulia.
  9. Memperluas jejaring kerjasama kemitraan yang sinergik.

Implementasi diarahkan mencapai 8 Sasaran Mutu yang meliputi :

  1. Semua layanan pembelajaran berbasis IT
  2. Lulusan bekerja atau berwirausaha sesuai bidang keilmuan dalam kurun waktu 6 bulan setelah lulus minimal 80%.
  3. Mahasiswa menyelesaikan studi tepat waktu.
  4. Karya ilmiah dosen di bidang kewirausahaan / kepariwisataan minimal 20 karya per tahun.
  5. Kegiatan institusi di bidang kewirausahaan / kepariwisataan minimal 10 kali per tahun.
  6. Lulusan / mahasiswa memiliki kemampuan bahasa Inggris dengan TOEFL minimal 450.
  7. Dosen memiliki Indeks Kinerja Proses Belajar Mengajar (IKPBM) minimal 3,0 dari skala 4,0
  8. Indeks Kepuasan Stakeholders (IKS) minimal 3,0 dari skala 4,0

Sasaran Mutu terutama ditujukan untuk para mahasiswa sehingga era kualitas telah menjadi nafas para civitas akademika Usahid Jakarta yang dilandasi oleh Corporate Culture yang terdiri dari 5 nilai yaitu : Commitment, Respect, Competence, Care dan Consistent (CR3C).

USAHID sebagai Entrepreneurial and Tourism University diarahkan untuk melahirkan wirausahawan muda yang siap menjadi pengusaha sukses serta menciptakan tenaga professional yang siap berkarir di industri pariwisata, industri media massa, industri pangan, industri grafika, dan hukum bisnis. 
Usahid memiliki 5 Fakultas : Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Teknik, Fakultas Teknologi Industri Pertanian dan Fakultas Hukum dengan 15 program studi S1, 4 program studi D3, 9 program studi S2 dan 5 program studi S3.

Jumlah mahasiswa : 3307 (2011) 
Daya tampung : 5.000 ( daya tampung ini akan ditambah 3x lipat pada kurun waktu 2 tahun ke depan dengan dicanangkannya pembangunan kampus baru di Cimanggis Depok.
Jumlah Pendaftar/Peminat : 817 (2011)
Jumlah Mahasiswa diterima : 669 (2011)
Jumlah Lulusan per Tahun : 660 (2010)
Jumlah Alumni : 7.612 (2011)
Jumlah Dosen Tetap : 82 orang 
Jumlah Dosen Tamu/tidak tetap  : 53 orang
Rasio Dosen & Mahasiswa : 1 : 30 (S1) dan 1 : 10 (S2)

KERJASAMA  (MOU)
Dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan tersedianya lapangan praktek kerja, maka Universitas Sahid menjalin kerjasama dengan berbagai institusi dalam dan luar negeri :

  • Erfurt University Germany
  • Universitas Pajajaran Bandung (UNPAD Bandung)
  • KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) bidang perekaman persidangan perkara Tipikor di Jakarta.
  • Universiti Utara Malaysia (UUM), Kedah untuk Program Doble Degree
  • Guang Xi University, China untuk program Double Degree
  • Muamalat Institute untuk Manajemen Perbankan Syariah (Sahid Business School)
  • Pusat Teknologi Komunikasi (PUSTEKOM)
  • Badan Narkotika Nasional (BNN RI)
  • Badan Narkotika Propinsi (BNP)
  • Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)
  • Departemen Pertanian RI
  • Departemen Kebudayaan dan Pariwisata RI
  • Kementrian Riset dan Teknologi
  • Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT)
  • Industrial Council for Development (ICD)
  • P.T. Angkasa Pura, Pelita Airline.
  • IKJ (Institut Kesenian Jakarta) untuk Broadcasting D3
  • PRSSNI (Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia)
  • Universitas Indonesia Jurusan Teknik Mesin
  • Graphic Training Center, Pusgrapin Desa Putera
  • Kantor Menteri Negara Lingkungan Hidup
  • Training Centre Air Bersih Departemen PU
  • Kanwil Depdiknas DKI Jakarta
  • Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI)
  • ELI-George Mason University, Virginia USA (untuk standarisasi MK.Bhs. Inggris)

BEASISWA 
Universitas Sahid memberikan Beasiswa setiap tahun lebih kurang 1 Miliar Rupiah kepada kurang lebih 400 mahasiswa yang berprestasi di bidang akademik dan ekstrakuler, dengan jenis beasiswa :

  1. Beasiswa Prestasi Belajar Yayasan Sahid Jaya
  2. Beasiswa Super Semar
  3. Beasiswa Program Prestasi Akademik (PPA)
  4. Beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM)
  5. Beasiswa Bantuan Khusus Mahasiswa (BKM)
  6. Beasiswa Kewirausahaan dari Bank Mandiri

LABORATORIUM

  1. Laboratorium Broadcasting : Studio TV, Studio Radio, Audio Visual, Studio Fotografi
  2. Teknik Industri : Kimia, Fisika, Perencanaan Industri, Incubator Bisnis, Ergonomi dan Analisis Perancangan Kerja, Studio Gambar, Proses Produksi, Desain Grafis, Komputasi & Statistik, Permodelan & Simulasi Industri
  3. Teknik Lingkungan :Kimia, Fisika, Biologi, Environment Healthy Safety (EHS), Laboratorium Lingkungan, Mikrobiologi Lingkungan, Laboratorium Komputasi
  4. Laboratorium Bisnis Perhotelan dan Bisnis Pariwisata : Mock up Hotel Room, Travel Biro
    1. Laboratorium Perhotelan berupa Kantor Depan untuk praktikum Kantor Depan, Mock-up Kamar untuk praktikum Tata Graha, lab. komputer untuk praktikum Sistem Informasi Manajemen Hotel.
    2. Laboratorium Pariwisata berupa lab. Komputer untuk sistem reservasi ABACUS, Travel Mini untuk praktikum Paket Perjalanan Wisata
    3. Kemitraan dengan berbagai usaha Pariwisata seperti: hotel, biro perjalanan, Profesional Conference Organiser (PCO), usaha daya tarik wisata dan penerbangan.
    4. Lembaga pelatihan dan pengembangan diri bagi mahasiswa dan umum.
    5. Laboratorium Akuntansi
    6. Laboratorium Pajak
    7. Kunjungan orientasi industri ke berbagai usaha Pariwisata, kantor Pajak dan Perbankan.
  5. Laboratorium Bahasa dan Komputer
  6. Laboratorium Pengadilan Semu

Contoh Analisis SWOT

Analisis SWOT Pada Tayangan TRANS7 

A.     Pendahuluan

Pada beberapa tahun terakhir, khususnya 5 tahunini, dunia televise di Indonesia dapat dikatakan berkembang semakin pesat. Sebelum memasuki tahun 2000, jumlah stasiun televise nasional di Indonesia hanya 6 buah naumun begitu memasuki tahun 2000 jumlah tersebut melonjak menjadi 11 saluran televisi nasional ditambah dengan saluran tv lokal daerah yang mencapai 186. Dengan jumlah yang meningkat hampir 2 kali lipat tersebut,persaingan di dunia pertelevisian menjadi semakin ketat. Dulu saluran televisi selalu identic dengan TVRI, lalu dengan munculnya berbagai tv nasional swasta, paradigma tersebut perlahan-lahan berubah. Salah satu stasiun tv yang mendapat peminat yang cukup banyak adalah TRANS7. Sebagai stasiun tv yang baru hadir pada tahun 2001 dengan nama TV7  peminat yang begitu besar dapat dikatakan sebagai suatu prestasi. Tayangan-tayangan yang dihadirkan sangat beragam, mulai dari tayangan untuk anak-anak, remaja hingga dewasa. Selain itu tidak adanya tayangan sinetron merupakan langkah yang patut diberikan apresiasi tersendiri.

Sejarah

Trans7 berdiri dengan nama TV7 berdasarkan izin dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian Jakarta Pusat dengan Nomor 809/BH.09.05/III/2000 yang sahamnya sebagian besar dimiliki oleh Kompas Gramedia (KG) dan 12% dimiliki Bakrie & Brothers (perusahaan konglomerat milik Aburizal Bakrie yang memiliki antv). Pada tanggal 25 November 2001 keberadaan TV7 telah diumumkan dalam Berita Negara Nomor 8687 sebagai PT Duta Visual Nusantara Tivi Tujuh. Pada 4 Agustus 2006Para Group melalui PT Trans Corpora resmi membeli 49% saham PT Duta Visual Nusantara Tivi Tujuh. Dengan dilakukannya re-launch pada tanggal 15 Desember 2006, tanggal ini ditetapkan sebagai hari lahirnya Trans7. Direktur Utama Trans7 saat ini adalah Atiek Nur Wahyuni. Saat masih bernama TV7, kantor pusat TV7 berada di Wisma Dharmala Sakti Lantai 21 Jalan Jend. Soedirman Kavling 32 Jakarta 10220. Sejak TV7 resmi dibeli Trans Corp, TV7 mulai satu kantor dengan Trans TV. (dikutip dari Wikipedia)

 B.     Pembahasan

Tayangan televisiyang bermutu dan mendidik adalah dambaan dari setiap penduduk di Indonesia. Tontonan yang menjadi tuntunan, begitulah harapan masyarakat selama ini. Terlepas dari berbagai faktor yang mempengaruhi suatu tayangan, sudah selayaknya tayangan tidak hanya memberikan hiburan, namun mampu memberikan pesan moral yang baik dan dapat dijadikan contoh.

Analisa SWOT

 

Strenght:

 

 

Weakness:

  • tayangan yang terkadang kurang mendidik untuk anak kecil. (Opera Van Java, Bukan Empat Mata)
  • belum mampu menjangkau wilayah terpencil di Indonesia (wilayah Indonesia Timur, daerah Pegununan).
  • Tidak ada tayangan olahraga yang rutin, seperti sepakbola, tennis, ataupun bola basket.
Opportunity

  • menarik berbagai perusahaan untuk berkerjasama dalam memasarkan produknya karena kebutuhan informasi dan entertaiment yang banyak diminati semua orang dengan cara mudah.
  • dapat mengembangkan program tayangan yang lebih unik dibandingan stasiun televisi lainya.

 

Threats

  • berkembangnya perusahaan media televisi yang baru-baru dan dapat bersaing dengan media televisi yang sudah lama berdiri.
  • kurangnya kreafititas akan mengurangi minat para permirsa untuk menikmati program tayangan.
  • Jumlah kompetitor untuk acara pada segmentasi yang sama semakin banyak.

 

 

Dengan teridentifikasinya kekuatan, peluang, kelemahan dan ancaman, maka kita dapat membuat suatu strategi guna menghadapi persaingan. Dari berbagai faktor diatas, ancaman utama bagi sebuah stasiun tv adalah kurangnya kreativitas dalam menyajikan beraneka ragam acara (Lack of creativity). Dalam mengantisipasi ancaman ini, pihak stasiun tv sebaiknya mengedepankan pengembangan SDM (khususnya pada tim kreatif) sehingga akan selalu dapat menghadirkan sesuatu yang baru pada setiap tayangannya. Berikut ini adalah faktor yang dapat mempengaruhi pengembangan kreativitas.

Faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan kreativitas:

  1. variabel SDM kreatif yaitu motivasi, bakat/minat, komunikasi, dan kompetensi;
  2. variabel pekerjaan kreatif yaitu pekerjaan, kepemimpinan, dan kewirausahaan;
  3. variabel konteks organisasi yaitu kinerja perusahaan, kebijakan, struktur dan budaya organisasi, serta sistem komunikasi;
  4. variabel lingkungan yaitu pemberdayaan sumberdaya eksternal, teknologi, persaingan, dan peraturan pemerintah;
  5. variabel inovasi produk yaitu desain, bahan, alat, dan pemanfaatan limbah batik.

Adanya faktor-faktor tersebut, maka perusahaan dapat menganalisis faktor apakah yang harus dibenahi agar dapat berdampak pada munculnya kreativitas. Contoh nyata yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan pelatihan kepada tim kreatif agarselalu terpacu menunjukkan sisi kreatifnya. Dapat juga dilakukan dengan menambah jumlah anggota pada tim kreatif tetapi dengan latarbelakang keilmuan yang berbeda-beda, agar pemacu kreatifitas tersebut dapat berasal dari latar ilmu yang beragam.

Pada kekuatan yang dimiliki yaitu mempunyai jaringan media yang kuat, TRANS7 mempunyai keuntungan yang tidak dimiliki oleh perusahaan lain. Keuntungan tersebut dapat berupa promosi yang dapat dilakukan secara besar-besaran untuk acaranya karena adanya kekuatan dari segi modal.

Namun dilihat pada kelemahannya, kurangnya tayangan olahraga yang rutin dapat mengakibatkan jumlahpenonton yang menurun. Pada periode 2004 – 2009, TRANS7 menanyangkan siaran sepakbola dari liga eropa yang mampu menarik perhatian penonton dalam jumlah besar. Namun setelah tayangan tersebut hilang, banyak kekecewaan dari penontonsehingga beralih ke stasiun tv yang lain. Untuk itu, sebaiknya pihak TRANS7 menayangkankembali siaran olahraga yang mampu menarik minat penonton tersebut.

C.     Kesimpulan

Berikut kesimpulan yang mampu ditarik dari analisis ini, yaitu pertama, mengembangkan kreativitas dari SDM, agar mampu menghadirkan beragam acara yang mampu menarik perhatian penonton. Kedua adalah Mengembalikan tayangan olahraga, khususnya sepakbola karenat terbukti mampu menghadirkan penonton dalam jumlah besar. Dari kedua faktor tersebut dan didukung dengan jaringan media yang kuat maka TRANS7 dapat selalu menjadi stasiuntelevisi favorit masyarakat.

Sedikit Fakta Mengenai Penerbangan

Penjelasan kenapa HP, Laptop dan Headset dilarang pada saat penerbangan.

Laptop.

Di setiap penerbangan, kita selalu disuruh untuk menyimpan lapto kita entah apapun itu alasannya, dan kita tak pernah diberitahu alasannya kenapa.

Sebenarnya alasan utama kenapa ente disuruh menyimpan laptop bukan karena kekhawatiran akan terjadi gangguan elektornik, tetapi lebih karena ancaman keselamatan ente sendiri. Bayangin aja ketika kita sedang di kecepatan 500 km/jam dan muka ente terhantam laptop. Kebayangkah?

Makanya kalo mba2 pramugari menegur kita, sebaiknya diikutin aja, kan demi keselamatan kita sendiri.

Handphone.

Kebanyakan orang terlalu cuek dengan hal ini, bahkan tidak jarang orang yang menyepelekan. Apa yang bisa terjadi ketika ada 12 orang menelpon sebelum landing adalah terjadinya kesalahan membaca pada instrumen pesawat yang mengatakan bahwa kita berada lebih tinggi dari yang seharusnya. Artinya kemungkinan kesalahan pendaratan akan terjadi.

Jangan sungkan untuk melabrak orang2 seperti ini, karena memang mengancam keselamatan orang satu pesawat.

Headseat.

Kenapa pake headset aja dilarang? Eits,.. jangan salah sangka dulu. Headset dilarang supaya ketika terjadi keadaan darurat, kita bisa mendengar peringatan yang diberikan oleh kru kabin.

Membuka penutup jendela ketika take off/landing.

Satu lagi aturan yang terdengar konyol. Tapi ini menyangkut keselamatan juga. Kenapa? Soalnya kalo terjadi keadaan gawat darurat, kita bisa ngeliat posisi mana yang sebaiknya digunakan untuk evakuasi.

Fact of airlines rule :

  1. kenapa kadang2 sering terjadi delay? Apalagi kalo udah agak sore. Sebenernya delay itu emang kadang disengaja untuk memberikan waktu bagi kru pesawat agar bisa makan terlebih dahulu. Kenapa? Karena jam kerja kru pesawat kebanyakan lebih dari 12 jam sehari, jadi harap maklum aja. Tapi kalo delaynya lebih dari 1 jam, itu baru kita harus bertanya ke petugas.
  2. udara di kabin pesawat tidak seperti yang kebanyakan orang pikirkan, kotor, tidak higienis, tidak terawatt. Sebenarnya udara di kabin bisa dikatakan sangat bersih (tergantung airlinenya juga sih :p) karena ada standar tingkat kebersihan udara yang sudah ditetapkan.
  3. Daripada mengkhawatirkan udara di kabin, lebih baik perhatikan apa yang kita sentuh di dalam kabin, karena itu yang kemungkinan besar dapat menyebabkan kita sakit. Entah itu meja, atau tombol di kursi.

Hal-hal yang harus benar2 diperhatikan ketika penerbangan :

  1. ketika pilot bilang, gunakan/pasang seatbelt anda dan menyuruh kembali ke tempat duduk, maka sebaiknya anda harus dan wajib untuk mematuhi kenapa? Karena itu berarti akan ada turbulens/goncangan serius di depan.
  2. Jangan khawatir ketika terjadi turbulence/gonacangan. Sebenarnya turbulence tidak mungkin akan menyebabkan tabrakan/jatuh atau akan jatuhnya salah satu sayapnya. Pilot memperingatkan adanya turbulence karena turbulence = annoying.
  3. Pesawat tidak akan tersambar petir dan tidak akan jatuh karena petir!
  4. Jangan komplen terlalu berlebihan ketika koper kita hilang atau ketika ada kesalahan dari kru. Asal ente tau, kenapa tiket pesawat sekarang bisa dibilang lebih terjangkau? Kalo ente gak tau, ane kasih tau dah, karena tiket ente itu disubsidi dan salah satu subsidinya adalah dari uang pensiun para kru pesawat.
  5. Tempat duduk yang paling nyamn di kabin adalah di dekat sayap. Dan tempat duduk yang paling sering tergoncang adalah yang dibelakang.
  6. Membalas sapaan dari pramugari adalah sebuah hal yang mulia. Ketika masuk/keluar coba balaslah dengan ramah sapaan dari mereka, karena itu sangat berarti banyak.
  7. Ketika naik pesawat sebaiknya gunakanlah sepatu yang kuat. Kalo terjadi pendaratan darurat, paling tidak kita tidak harus berjalan bertelanjang kaki.
  8. Seringkali, kemampuan seorang pilot bisa dilihat dari cara mendaratnya. Jadi ketika ingin mengatakan sesuatu yang baik ke pilot, katakana saja,”Nice Landing”. Pilot akan sangat menghargainya. (tapi yang jujur y, kalo emang gak nice gak usah dipuji :p)
  9. Tahukah anda? Water landing itu sebenarya tidak ada, yang ada adalah, “Jatuh ke laut”.
  10. Kalau ente adalah seorang yang rada gugup ketika terbang, lebih baik pilihlah penerbangan di pagi hari, karena cuaca di pagi hari lebih bersahabat ketimbang di sore atau malam hari.
  11. Udara di kabin umumnya mengalir dari depan ke belakang, kalau anda ingin mendapatkan udara yang segar, duduklah di depan.
  12. Autopilot kayak di film2 itu sebenarnya sedikit hoax, karena walaupun sedang dalam posisi autopilot seorang pilot harus tetap memegang kendali, tidak seperti di film2 yang bisa jalan2 kemana2.
  13. Ketika kita membawa koper yang ditaruh di kabin, apabila pramugari tidak mau membantu ente untuk menaruh di bagasi diatas tempat duduk, sebaiknya ente jangan kesel atau marah dulu, karena memang aturan secara internasional, pramugari dilarang melakukan hal itu/membantu ente tetapi hanya diperbolehkan untuk mengarahkan.

Intro

Hanya sedikit kata yang dapat menggambarkan perasaan seseorang di waktu-waktu tertentu. Ketika senang, satu hal yang tergambar di benak adalah perasaan bergelora dan disertai dengan semangat menggebu-gebu. Begitupun saat bersedih, perasaan mengharu biru akan melanda sedemikian rupa, hingga yang tersisa adalah kelabu. Tapi adakah penggambaran untuk sebuah perasaan bercampur antara kebahagiaan dengan kesedihan?

Mungkin hanya sedikit kata yang mampu menjelaskannya dan mungkin juga hanya sedikit orang yang bisa.