Sedikit Fakta Mengenai Penerbangan

Penjelasan kenapa HP, Laptop dan Headset dilarang pada saat penerbangan.

Laptop.

Di setiap penerbangan, kita selalu disuruh untuk menyimpan lapto kita entah apapun itu alasannya, dan kita tak pernah diberitahu alasannya kenapa.

Sebenarnya alasan utama kenapa ente disuruh menyimpan laptop bukan karena kekhawatiran akan terjadi gangguan elektornik, tetapi lebih karena ancaman keselamatan ente sendiri. Bayangin aja ketika kita sedang di kecepatan 500 km/jam dan muka ente terhantam laptop. Kebayangkah?

Makanya kalo mba2 pramugari menegur kita, sebaiknya diikutin aja, kan demi keselamatan kita sendiri.

Handphone.

Kebanyakan orang terlalu cuek dengan hal ini, bahkan tidak jarang orang yang menyepelekan. Apa yang bisa terjadi ketika ada 12 orang menelpon sebelum landing adalah terjadinya kesalahan membaca pada instrumen pesawat yang mengatakan bahwa kita berada lebih tinggi dari yang seharusnya. Artinya kemungkinan kesalahan pendaratan akan terjadi.

Jangan sungkan untuk melabrak orang2 seperti ini, karena memang mengancam keselamatan orang satu pesawat.

Headseat.

Kenapa pake headset aja dilarang? Eits,.. jangan salah sangka dulu. Headset dilarang supaya ketika terjadi keadaan darurat, kita bisa mendengar peringatan yang diberikan oleh kru kabin.

Membuka penutup jendela ketika take off/landing.

Satu lagi aturan yang terdengar konyol. Tapi ini menyangkut keselamatan juga. Kenapa? Soalnya kalo terjadi keadaan gawat darurat, kita bisa ngeliat posisi mana yang sebaiknya digunakan untuk evakuasi.

Fact of airlines rule :

  1. kenapa kadang2 sering terjadi delay? Apalagi kalo udah agak sore. Sebenernya delay itu emang kadang disengaja untuk memberikan waktu bagi kru pesawat agar bisa makan terlebih dahulu. Kenapa? Karena jam kerja kru pesawat kebanyakan lebih dari 12 jam sehari, jadi harap maklum aja. Tapi kalo delaynya lebih dari 1 jam, itu baru kita harus bertanya ke petugas.
  2. udara di kabin pesawat tidak seperti yang kebanyakan orang pikirkan, kotor, tidak higienis, tidak terawatt. Sebenarnya udara di kabin bisa dikatakan sangat bersih (tergantung airlinenya juga sih :p) karena ada standar tingkat kebersihan udara yang sudah ditetapkan.
  3. Daripada mengkhawatirkan udara di kabin, lebih baik perhatikan apa yang kita sentuh di dalam kabin, karena itu yang kemungkinan besar dapat menyebabkan kita sakit. Entah itu meja, atau tombol di kursi.

Hal-hal yang harus benar2 diperhatikan ketika penerbangan :

  1. ketika pilot bilang, gunakan/pasang seatbelt anda dan menyuruh kembali ke tempat duduk, maka sebaiknya anda harus dan wajib untuk mematuhi kenapa? Karena itu berarti akan ada turbulens/goncangan serius di depan.
  2. Jangan khawatir ketika terjadi turbulence/gonacangan. Sebenarnya turbulence tidak mungkin akan menyebabkan tabrakan/jatuh atau akan jatuhnya salah satu sayapnya. Pilot memperingatkan adanya turbulence karena turbulence = annoying.
  3. Pesawat tidak akan tersambar petir dan tidak akan jatuh karena petir!
  4. Jangan komplen terlalu berlebihan ketika koper kita hilang atau ketika ada kesalahan dari kru. Asal ente tau, kenapa tiket pesawat sekarang bisa dibilang lebih terjangkau? Kalo ente gak tau, ane kasih tau dah, karena tiket ente itu disubsidi dan salah satu subsidinya adalah dari uang pensiun para kru pesawat.
  5. Tempat duduk yang paling nyamn di kabin adalah di dekat sayap. Dan tempat duduk yang paling sering tergoncang adalah yang dibelakang.
  6. Membalas sapaan dari pramugari adalah sebuah hal yang mulia. Ketika masuk/keluar coba balaslah dengan ramah sapaan dari mereka, karena itu sangat berarti banyak.
  7. Ketika naik pesawat sebaiknya gunakanlah sepatu yang kuat. Kalo terjadi pendaratan darurat, paling tidak kita tidak harus berjalan bertelanjang kaki.
  8. Seringkali, kemampuan seorang pilot bisa dilihat dari cara mendaratnya. Jadi ketika ingin mengatakan sesuatu yang baik ke pilot, katakana saja,”Nice Landing”. Pilot akan sangat menghargainya. (tapi yang jujur y, kalo emang gak nice gak usah dipuji :p)
  9. Tahukah anda? Water landing itu sebenarya tidak ada, yang ada adalah, “Jatuh ke laut”.
  10. Kalau ente adalah seorang yang rada gugup ketika terbang, lebih baik pilihlah penerbangan di pagi hari, karena cuaca di pagi hari lebih bersahabat ketimbang di sore atau malam hari.
  11. Udara di kabin umumnya mengalir dari depan ke belakang, kalau anda ingin mendapatkan udara yang segar, duduklah di depan.
  12. Autopilot kayak di film2 itu sebenarnya sedikit hoax, karena walaupun sedang dalam posisi autopilot seorang pilot harus tetap memegang kendali, tidak seperti di film2 yang bisa jalan2 kemana2.
  13. Ketika kita membawa koper yang ditaruh di kabin, apabila pramugari tidak mau membantu ente untuk menaruh di bagasi diatas tempat duduk, sebaiknya ente jangan kesel atau marah dulu, karena memang aturan secara internasional, pramugari dilarang melakukan hal itu/membantu ente tetapi hanya diperbolehkan untuk mengarahkan.

Tag:,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: